SFC (System File Checker) adalah utilities bawaan windows yang berfungsi untuk memperbaiki kerusakan file system. Pada Windows, file system berfungsi mengatur jalannya program-program yang terpasang, sehingga secara keseluruhan Windows dapat berjalan dengan baik.
Kerusakan file system bisanya diakibatkan oleh serangan virus, gagal atau salah dalam proses instalasi program baru, dan kerusakan harddisk. Akibat kerusakan ini, sistem Windows menjadi tidak stabil, ditandai dengan sering munculnya pesan error saat kita menjalankan program.
Untuk memperbaikinya, Windows menyediakan tools yang terintegerasi ke dalam sistem Windows yaitu System File Checker. Sebelum menjalankan System File Checker, sebaiknya tutup semua program yang aktif.
Menjalankan System File Checker
Memperbaiki File System Windows Dengan Tools SFC
Pilih menu Start lalu klik Run. Ketikan sfc /scannow. Lalu OK.
Memperbaiki File System Windows Dengan Tools SFC
Proses perbaikan sedang berjalan, tunggu beberapa saat, bisanya proses ini cukup memakan waktu. Saat proses sedang berjalan, jika Anda memakai Windows XP, Anda diminta untuk memasukkan CD installer Windows XP ke dalam CD/DVD Drive.
Selain /scannow, SFC menyediakan parameter lainnya. Berikut paramter yang disediakan SFC:
  • /scannow : menjalankan System File Checker langsung saat itu juga.
  • /scanonce : menjalankan System File Checker sekali dan akan dijalankan ketika komputer restart.
  • /scanboot : menjalankan System File Checker setiap kali komputer dinyalakan.
  • /revert : menjalankan System File Checker dan mengembalikannya ke pengaturan default kecuali default cache.
  • /purgecache: menjalankan System File Checker langsung ketika itu juga dan membersihkan cache windows.
  • /cachesize=x: menjalankan System File Checker dan menentukan besaran cache dalam satuan MB. Default ukuran cache adalah 50 MB. Perintah ini meminta Anda untuk melakukan restart.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates