Pohon Beringin & Rumput Liar



“Kalau Kau Belum Mampu Menjadi Pohon Beringin, Jadilah Rumput Liar Yang Sanggup 
Tumbuh Dimanapun”
Entah kapan saya pernah dicekoki prinsip ini, prinsip sederhana yang masih melekat di kehidupan 
saya, beberapa kali juga saya jejali pola pikir gadis kecil desa  dengan prinsip sederhana ini, 
prinsip yang sedehana namun dalam maknanya)
Pohon beringin identik dengan pohon besar, berdaun rimbun dan akarnya menjuntai kebawah, 
beberapa mitos dan cerita-cerita rakyat selalu mendeskripsikan bahwa ini adalah pohon surga,
 pohon yang mampu melindungi siapapun dibawahnya, pohon yang meneduhi tanaman-tanaman
 disekitarnya, pohon yang mampu menghidupi siapapun tanpa merugikan dirinya sendiri, pohon
 kalpataru yang sanggup memberi kebahagiaan yang berada dibawahnya.

Makna yang saya tangkap apabila menjadi pohon beringin berarti menjadi seseorang yang mampu 

membuat teduh dan memberikan kehidupan bagi siapapun disekitarnya, setiap pribadi dapat 
memaknai pohon beringin ini dari perspektif yang berbeda.
Rumput liar… memang pantas dinamakan demikian karena memang dia liar, sanggup tumbuh 
dimanapun dalam cuaca apapun walau kadangkala dianggap pengganggu keindahan secara
 visual namun akan lain maknanya kalau dilihat dari hati anda.
Rumput liar memang liar dan bandel, rumput yang tidak pernah kapok dan putus asa, 
coba perhatikan saja, salah satu hal yang rutin dilakukan tukang kebun adalah mencabuti rumput liar…
 dannnn rumput itu tidak pernah kapok untuk tumbuh lagi di tempat yang sama, 
kadang rumput liar indah juga kalau diperhatikan dengan seksama
Lama saya merenung mengenai prinsip ini berusaha memaknai dan menerapkan dalam kehidupan ini,
 ternyata ini adalah hal sederhana yang mudah dilakukan siapapun
Dibawah pohon beringin pasti ada rumput liar, berarti saya harus mampu bersikap seperti mereka,
 ada saatnya saya harus melindungi dan meneduhi orang-orang disekitar dan dibawah saya dan ada
 saatnya pula saya harus tangguh, hidup dan berkembang dimanapun saya berada.
Pada saat saya menjadi pohon beringin maka saya harus menjadi peneduh bagi siapapun dibawah 
dan disekitar saya, jadi atasan yang mampu melindungi anak buahnya, sanggup menjadi sandaran 
bagi teman-temannya dan sanggup memberi semangat baru kepada siapapun yang beristirahat 
di sekitarnya.
Ada saatnya saya menjadi rumput liar ketika berada di suatu tempat yang kurang menyenangkan atau
 kondisi yang tidak nyaman bagi sebagian orang maka saya harus seperti rumput liar…
 sanggup tumbuh kembang, tetap bertahan terhadap segala hal dan tidak pernah putus asa.
Rumput liar tidak pernah kapok, selalu tumbuh walau selalu dihilangkan, mampu tumbuh dan 
berkembang di tempat tandus sekalipun, tetap tumbuh dan berkembang walau tidak ada yang merawa
t, rumput liar adalah prinsip dasar survival, dan jadilah rumput liar yang indah karena pada saatnya 
rumput ini akan dicari orang karena ketanggguhannya menghadapi kehidupan.
Pada suatu saat nanti apabila prinsip ini sudah melekat maka yang timbul adalah rasa ikhlas dan 
syukur. Ikhlas karena tetap diberi kesempatan untuk hidup dimanapun dan bersyukur karena sanggup
 meneduhi siapapun yang membutuhkannya.
Berkawan dan belajar dari alam sekitar, maka kita akan menjadi pecinta alam bukan hanya sekedar 
penikmat alam
semoga ini dapat berguna bagi yang membaca dan sanggup memaknai ini dalam kehidupan 
sehari-hari

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates